4 Cara Penting Merawat Kemeja Supaya Tetap Awet Dan Nyaman Dipakai



Bagi pria, kemeja merupakan pakaian yang wajib ada dalam lemari mereka, setidaknya mereka memiliki 5 atau koleksi kemeja. Mungkin Anda sendiri juga termasuk orang yang suka mengoleksi kemeja, terlebih jika Anda adalah seorang pekerja kantoran yang harus menggunakan pakaian rapi.

Cara merawat kemeja yang baik dan benar tentu saja harus diketahui oleh semua orang, apalagi pria. Anda tentu saja harus tahu bagaimana cara mewarat kemeja karena itu adalah kebutuhan Anda untuk bekerja, kuliah, atau bahkan untuk kegiatan sehari-hari. Tentu saja hal ini harus kamu ketahui karena kemeja favorit Anda bisa saja rusak karena cara mencuci, menjemur, dan menyetrika yang salah.

Lalu seperti apa sih cara merawat kemeja yang baik dan benar itu? Yuk kita lihat beberapa tipsnya di bawah ini.


1# Proses Pencucian

Supaya kameja yang Anda miliki tetap bersih dan bebas dari kotoran, tentu saja harus mencucinya. Ada beebrapa hal yang harus Anda perhatikan dalam proses pencucian kemeja. Mencuci kameja dengan cara yang salah tentu saja akan membuat kemeja Anda cepat rusak. Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika mencuci kemeja.

  • Lihat Label dalam Kemeja
Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum mencici kemeja adalah melihat intruksi label dengan benar. Sebab di dalam label terdapat petunjuk perawatan. Misalnya kemeja Anda harus dicuci menggunakan tangan atau dry clean. Kemudian harus dalam suhu berapakah kemeja Anda harus disetrika. Perlu Anda ketahui bahwa merawat kemeja yang tidak sesuai dengan label malah akan membuat Kemeja cepat rusak.

  • Jangan menggunakan Sikat
Hal lainnya yang harus Anda perhatikan adalah jangan mencuci kemeja menggunakan sikat, apalagi menggunakan sikat yang kasar. Memang sikat ini berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel dengan cepat dan tentu bersih. Tapi perlu Anda ketahu bahwa menggunakan sikat yang kasar akan berakibat fatal pada kemeja. Sebab menggunakan sikat yang kasar akan membuat tekstur bahan kemeja cepat rusak.

Selain sikat, perhatikan juga ketika mencuci menggunakan mesin cuci. Sebaiknya Anda menggunakannya dengan mode slow. Alangkah lebih baiknya lagi kalau Anda mencuci seragam menggunakan tangan supaya kemeja tetap aman. Dengan cara ini, kemeja yang Anda gunakan akan lebih awet.

  • Cuci lebih awal bagian kerah dan lengan
Setelah itu Anda juga harus perhatikan cara mencucinya dengan benar. Satu hal yang harus Anda perhatikan ketika mencuci kemeja, yaitu bagian kerah dan lengan kemeja. Keduanya merupakan bagian yang paling cepat kotor. Oleh sebab itu sebaiknya Anda mencuci kedua bagian tersebut secara manual untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika memang harus menggunakan sikat supaya nodanya bisa keluar, gunakan sikat yang halus supaya tekstur bahan tidak rusak.

  • Pisahkan Warna Pakaian
Pada beberapa kemeja tertentu, terutama kemeja baru, pasti memiliki resistansi yang sangat besar terhadap air, sehingga akan membuatnya cepat luntur. Untuk menghindari hal itu, Anda harus memisahkannya terlebih dahulu. Meskipun menyita banyak waktu, tapi yang paling penting kemeja favorit Anda bisa awet.

  • Lepaskan Semua Aksesoris
Bagi Anda seroang pekerja kantorn atau masih sekolah menengah, biasanya akan diberikan tanpa tanda pangkat atau name tag yang dipasang pada kemeja seragam. Bahkan ada juga yang membuang tisu atau apapun itu pada saku pakaian.

Untuk mempermudah proses pencucian, sebaiknya Anda lepas semua aksesoris tersebut. Jika Anda lupa melakukannya, jangan heran kalau ketika kering tisu akan menempel pada saku pakainan Anda dan akhirnya meninggalkan bekas.

  • Jangan terlalu sering mencuci
Hal lainnya yang harus Anda perhatikan adalah Anda jangan terlalu sering mencuci kemeja. Sebab hal itu malah akan membuat warna cepat memudar, bahkan tekstur bahannya juga akan rusak. Jika memang kemeja yang Anda pakai masih bersih dan tidak bau, lebih baik jangan dicuci.


2# Jangan Dijemur Lama Di Bawah  Terik Matahari

Supaya bisa cepat kering setelah dicuci, Anda tentu saja harus menjemurnya di bawah sinar matahari. Tapi apakah Anda tahu dampak yang ditimbulkan jika menjemur kemeja di bawah terik matahari? Ya, terlalu sering menjemur  di bawah terik matahari langsung akan membuat kemeja Anda cepat luntur dan kecerahan warnanya akan hilang.

Tapi kalau Anda mengeringkan kemeja dengan cara diangin-angin juga akan membuat kemeja Anda bau apek dan tingkat kekeringannya juga akan kurang maksimal. Untuk mengatasi hal itu, Anda bisa menjemur kemeja di bawah sinar matahari langsung namun kemeja Anda harus dibalik supaya warna bagian luar tidak cepat luntur.

Selain itu, Anda harus memeriksanya supaya tidak terlalu kering. Sebab jika hal ini sering dilakukan akan membuat kemeja Anda cepat rusak. Jika memang sudah kering, maka segera angkat supaya bahannya tidak cepat rusak.


3# Gunakan Pewangi dan Pelembut Ketika Setrika

Menyetrika merupakan proses yang paling penting dalam merawat kemeja. Setelah dikeringkan, tentu tak ingin kemeja Anda kusut untuk ke kantor. Dalam proses setrika, sebaiknya Anda menggunakan pewangi dan pelembut pakaian supaya kemeja yang Anda pakai bisa mendapatkan hasil yang maksimal dan tentu saja wangi. Kemeja rapi dan wangi akan memberikan efek kecerian hati pada pemakainya lho.

Tapi ada satu hal yang harus Anda perhatikan ketika setrika baju, yaitu tidak semua kemeja bisa disetrika, semua tergantung pada bahan atau kain yang digunakannya. Sebab aja jenis bahan kemeja yang justru akan rusak karena terkena panas strika. Jika memang bahan tersebut tidak perlu distrika, Anda bisa mengantung atau melipatnya dengan rapi.


4# Proses Penyimpanan

Kemeja tidak bisa disimpan seperti kaos yang dilipat menjadi kecil kemudian disimpan di lemari. Kemeja harus digantung untuk proses penyimpanan. Sebab kemeja yang dilipat akan menghasilkan garis-garis pada kemeja, sehingga akan terlihat kurang rapi. Oleh sebab itulah Anda harus menggantungnya supaya kemeja yang Anda pakai bisa rapi.

Dalam menggantungnya pun juga tidak sembarangan, yaitu jangan menggantungnya terlalu rapat. Perhatikan jarak kemeja dengan kemaja lainnya. Sebab jika terlalu rapat akan membuat kemeja Anda kusust, terutama di bagian lengan karena terdesak oleh pakaian lainnya.

Itulah beberapa cara merawa kemeja supaya tetap awet dan nyaman dipakai. Pastikan Anda harus berhati-hati, terutama dalam proses pencucian dan menjemur. Cukup mudah bukan? Silahkan tambahan di kolom komentar jika memiliki tips lainnya.

0 Response to "4 Cara Penting Merawat Kemeja Supaya Tetap Awet Dan Nyaman Dipakai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel