Rumus Senyawa Kimia - Kimia Itu Mudah

Rumus Senyawa Kimia - Kimia Itu Mudah
Rumus Senyawa Kimia
Cecepsuparman.com - Pada postingan sebelumnya saya telah membahas mengenai Tata nama Senyawa Kimia, entah itu senyawa organik maupun anorganik. Jadi, semua senyawa dituliskan menggunakan sebuah lambang yang menunjukkan jenis dan komposisi unsur penyusunnya. 

Misalnya H2SO4 disebut sebagai asam sulfat dimana unsur-unsur penyusunnya adalah 2 hidrogen, satu sulfur, dan 4 oksigen. Lambang senyawa seperti H2SO4 itu disebut sebagai rumus kimia atau formula kimia.

"Rumus kimia didefinisikan sebagai rumus suatu zat yang menggunakan lambang dan jumlah atom-atom unsur penyusunnya." 

Dalam rumus kimia, bilangan yang menyatakan jumlah unsur ditulis dalam bentuk indeks bawah (tikalas) setelah lambang unsurnya. Misalnya jumlah 2 hidrogen pada H2SO4 ditulis dalam bentuk indeks bawah yang menyatakan jumlah unsur hidrogennya.

Rumus Empirik dan Rumus Molekul Senyawa Kimia

Untuk menentukan suatu rumus molekul suatu senyawa, kita lakukan dua tahap. Tahap pertama adalah menentukan jumlah unsur-unsur yang terkandung dalam senyawa. Temuan yang diperoleh disebut sebagai rumus empirik. Kemudian tahap keduanya menentukan masa molekul relatifnya.

Rumus empirik ini merupakan rumus kimia yang paling sederhana dari suatu molekul yang hanya menunjukkan jenis dan perbandingan terkecil dari unsur yang menyusun suatu senyawa.

Misalnya pada molekul Etena. Rumus empiriknya adalah CH2, sementara rumus sesungguhnya adalah C2H4

Untuk senyawa berupa molekul atau senyawa molekular, kita harus tahu berapa jumlah atom yang sesungguhnya yang terdapat dalam setiap molekulnya. Kita bisa mengetahuinya setelah menentukan molekul relatif dari molekul yang kita tentukan.

2. Massa Molekul Relatif

Apa sih massa molekl relatif itu? massa relatif hanya bisa ditentukan di laboratorium dengan berbagai metode atau bisa bisa dihitung dari atom relatif jika jumlah dan jenis unsurnya sudah kita ketahui. Masa molekul relatif disimbolkan dengan Mr.

Contoh Soal menentukan Massa Molekul Relatif
Berapakah masa molekul relatif dari CH4, H2O dan C2H4? Diketahui bahwa Ar C = 12, H = 1, dan O = 16.

Jawaban

Dalam molekul CH4, terdapat 1 atom C dan 4 atom H, maka

Mr CH4 = Ar C + 4 x Ar H = 12 + 4 x 1= 16
Mr H2O = 2 x Ar H + Ar O = 2 x 1 + 16= 18
Mr C2H4 = 2 x Ar C + 4x Ar H = 2 x 12 + 4 x 1 = 28.

Contoh Soal Menentukan Rumus Molekul
Pada suatu penelitian diketahui bahwa suatu molekul memiliki rumus empirik CH. Jika Mr dari moekul tersebut adalah 26, tentukan rumus molekulnya!

Jawaban
Rumus Molekul adalah kelipatan dari rumus empirik, maka
Mr = (Ar C + Ar H)n = (12 + 1)n = 26, disini kita akan tentukan n.
n = 26/(12 + 1) = 26/13 = 2, jadi n sama dengan dua. Dengan begitu rumus molekulnya adalah (CH)2 = C2H2 (etena).

Rumus Senyawa Ion

Senyawa ion terbentuk dari serah terima elektron yang menghasilkan kation dan anion. Dalam senyawa ion, jumlah muatan kation harus sama dengan jumlah muatan anion supaya senyawa yang dihasilkan bersifat netral secara listrik.

Misalnya pada senyawa NaCl. Ion Na+ memiliki jumah muatan positif satu, dan ion Cl- memiliki jumlah muatan negatif 1, sehingga rumus kimianya adalah NaCl.

Contoh selanjutnya yaitu pada Na2SO4. Dalam senyawa ini, jumlah muatan ion Na+ adalah satu, sementara jumlah muatan ion SO42- adalah dua. Supaya senyawa ini menjadi netral, maka diperlukan dua ion natrium untuk ion sulfat. Sehingga rumus kimianya adalah Na2SO4.

Cara untuk menentukan rumus kimia dari ion-ion adalah sebagai berikut.

  • Tuliskan nama senyawa ionnya.
  • Tuliskan ion-ion yang terlibat.
  • Setarakan muatan positif dan negatif.
  • tuliskan rumus kimia tanpa muatan.

Contoh Soal Menentukan Rumus Kimia dari Senyawa Ion
1. Tuliskan rumus kimia dari Magnesium Sulfat!

Jawaban
Magnesium Sulfat merupakan senyawa ion yang terdiri dari ion Mg2+ dan ion SO42-. Muatan dari kedua ion itu sama yaitu 2. Jadi rumus kimianya adalah MgSO4.

2. Tuliskan nama senyawa dari Na3PO4!

Jawaban
Na3PO4 meruakan senyawa ion yang tersusun atas ion N+ dan ion PO43-(ion fosfat). Maka nama dari senyawa tersebut adalah natrium fospat.

Perlu kita ketahui ya bahwa senyawa moleular dan ionik itu berbeda. Senyawa molekular bisanya berupa molekul sebagaimana tersirat dalam rumus kimianya. Sementara untuk senyawa ionik membentuk struktur kristal yang sangat besar yang tersusun dari kation dan anion secara bergantian.

0 Response to "Rumus Senyawa Kimia - Kimia Itu Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel