Pengertian Isotop, Isobar, dan Isoton

Pengertian Isotop, Isobar, dan Isoton
Karbon
Cecepsuparman.com - Seperti sudah saya singgung dalam postingan sebelumnya bahwa atom-atom dalam suatu unsur itu bisa memiliki jumlah neutron yang berbeda. Maka dari itu, kita butuh istilah untuk menyatakan hubungan antara nomor atom dan nomor massa. Istilah yang dimaksud adalah Isotop, Isobar, dan isoton. Yuk kita lihat penjelasannya di bawah ini.

Isotop

Karbon memiiki nomor massa yang berbeda yaitu 12, 13, dan 14 tetapi nomor atomnya sama. Nah, ketiga atom karbon tersebut dinamakan Isotop. Jadi isotop itu merupakan istilah yang menyatakan bahwa atom-atom memiliki nomor atom yang sama, akan tetapi memiliki nomor massa yang berbeda. Isotop dari suatu atom memiliki sifat kimia dan fisika yang sama.

Contoh lainnya adalah oksigen yang memiliki 3 isotop dengan memiliki nomor massa 16, 17, dan 18. Sementara untuk nomor atomnya sama yaitu 8.

Isobar

Isobar merupakn atom-atom yang memiliki nomor massa yang sama tapi nomor atom berbeda. Jadi, isobar ini merupakan kebalikan dari isotp. Isobar dari suatu atom memiliki sifat kimia yang berda. 

Misalnya 14N dan 14C memiliki nmor masa yang sama yaitu 14, tetapi nomor atomnya berbeda, dimana atom N memiliki nomor atom 7 sedangkan nomor atom C adalah 6. 

Isoton

Isoton merupakan atom-atom yang memiliki jumlah neutron yang sama, tapi jumlah protonnya berbeda. Isoton suatu atom memiliki sifat fisika dan kimia yang berbeda. 

Contohnya adalah 13C dan 14N. Keduanya memiliki jumlah neutron yang sama yaitu 7 neutron. akan tetapi jumlah protonnya berbeda. C memiliki jumlah proton 6 sementar N adalah 7.

Baca juga:

0 Response to "Pengertian Isotop, Isobar, dan Isoton"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel