Menentukan Nomor Atom dan Nomor Massa Beserta Contoh Soalnya

Menentukan Nomor Atom dan Nomor Massa Beserta Contoh Soalnya
Nomor atom dan nomor massa
Cecepsuparman.com - Apa itu nomor atom dan nomor massa? Apa perbedaannya? Keduanya merupakan besaran yang menyatakan identitas suatu atom untuk membedakan atom yang satu dengan atom yang lainnya. Nomor atom Natrium tentu saja berbeda dengan nomor atom Oksigen.

Nah pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan nomor atom dan nomor massa beserta perbedaannya. Yuk kita lihat pembahasannya di bawah ini.

Nomor Atom

Jika suatu anoda disinari oleh sinar katoda maka akan dihasilkan sinar-x dengan panjang gelombang yang tergantung pada jumlah proton di dalam atom logam yang dijadikannya anoda. Panjang gelombang sinar-x ini akan menurun seiring dengan bertambahnya jumlah proton dalam atom logam.

Percobaan lainnya juga dilakukan oleh Moseley yang menyatakan bahwa "jumlah proton berbanding lurus dengan nomor atom". Jika jumlah proton bertambah satu, maka nomor atom juga bertambah satu. Dari percobaan ini bisa diperoleh kesimpulan sebagai berikut.

  • Setiap logam tersusun atas atom-atom logam, dan atom logam disusun oleh proton, elektron, dan neutran. Oleh karena sinar-x bergantung pada proton, maka jumlah proton merupakan sifat khas suatu atom.
  • Jumlah proton berbanding lurus dengan nomor atom. Oleh sebab itu nomor atom juga menyatakan jumlah proton dalam atom dan bersifat khas untuk masing-masing atom. Nomor atom dilambangkan dengan simbol Z.

Contoh soal menentukan nomor atom

1. Berapakah nomor atom besi jika jumlah proton dalam intin atom adalah 26?

Jawaban:
Jawabannya sangat mudah. Kita inga prisinsi bahwa "nomor atom sama dengan jumlah proton di dalam atom". Karena jumlah proton dalam besi adalah 26, maa nomor atom besi juga 26.

2. Berapakah jumlah elektron atom natrium netral jika nomor atomnya adalah 11?

Jawaban:
Ingat: "Nomor atom sama dengan jumlah proton", dengan begitu jumlah elektron dalam atom natrium sama dengan 11. 

Nomor Massa

Dari hasil percobaan spektrograf massa, diketahui bahwa satu macam unsur terdiri dari atom-atom dengan massa yang berbeda. Misalnya unsur Karbon yang terdiri atas atom-atom dengan massa 12, 13, dan 14. Ketiga bilangan tersebut dinamakan nomor massa dari atom karbon. Sementara nomor atomnya adalah 6.

Di dalam atom hanya terdapat proton, elektron dan neutron. Pada atom netral, jumlah proton sama dengan elektron. Oleh sebab itulah kenapa kalau karbon hanya memiliki 1 nomor atom. Yang membedakan massa atom adalah jumlah neutron.

Contoh soal menentukan nomor massa

1. Berapakah nomor atom karbon yang memiliki jumlah neutron 7 dan jumlah elektron 6?

Jawaban.
Nomor massa = Jumlah neutron + jumlah proton. Karena karbon bersifat netral, maka jumlah proton sama dengan jumlah neutron. Sehingga,
nomor massa = jumlah neutron + jumlah elektron = 7 + 6= 13.

2. Berapakah jumlah neutron dalam atom neon yang memiliki nomor massa 20 dan nomor atom 10?

Jawaban.
Nomor massa = jumlah neutron + jumlah elektron, maka
20 = jumlah neutron + 10

0 Response to "Menentukan Nomor Atom dan Nomor Massa Beserta Contoh Soalnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel