Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi Pada Atom Berelektron Banyak

Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi Pada Atom Berelektron Banyak
Konfigurasi elektron 
Cecepsuparman.com - Sebagaimana telah kita ketahui bahwa atom itu tersusun atas partikel-partikel lainnya yaitu proton, neutron, dan elektron. Proton dan neutron terdapat di dalam inti atom, sementara elektron bergerak mengelilingi inti atom. Menurut teori Bohr, elektron mengelilingi intin atom dengan cara beredar melalui lintasan-lintasa stasioner atau sering disebut kulit.

Teori atom Bohr berlaku pada atom hidrogen saja, lalu bagaimana dengan keberadaan elektron banyak di dalam atom? apakah semua elektron pada atom berelektron banyak berada di dalam satu kulit, ataukah tersebar merata pada setiap kulitnya, atau bahkan memiliki aturan tertentu? Pertanyaan ini bisa dijawab melalui konfigurasi elektron.

Konfigurasi Elektron

Nomor atom menyatakan jumlah proton dalam inti atom. jika atom dari suatu unsur bersifat netral, maka secara listrik bahwa jumlah proton pada intin atom dan jumlah elektron sama. Dengan begitu, nomor atom hanya menyatakan jumlah elektron pada atom netral.

Elektron-elektron dalam atom berelektron banyak akan menghuni kulit menurut aturan tertentu. Aturan ini dikembangkan berdasarkan hasil perhitungan secara kuantum. Menurut perhitungan ini, keberadaan elektron-elektron dalam atom menghuni kulit-kulit dengan aturan sebagai berikut.

  • Kulit pertama (K) maksimum hanya bisa diisi sebanyak 2 elektron,
  • Kulit kedua (L) maksimum diisi oleh 8 elektron,
  • Kulit ketiga (M) maksimum diisi oleh 18 elektron, dan
  • Kulit keempat (N) maksimum diisi oleh 32 elektron.

Contoh soal konfigurasi elektron atom

1. Tentukan konfigurasi elektron atom neon (Ne) dengan nomor atom 1o?

Jawaban.
Nomor atom menyatakan jumlah proton. Pada atom netral, jumlah proton sama dengan jumlah elektron. Dengan begitu, jumlah elektron pada atom Ne adalah 10, maka konfigurasi elektron 10Ne adalah 2 8

2. Tuliskan konfigurasi elektron atom X dengan nomor atom 15!

Jawaban.
Jumlah elektron atom X sama dengan jumlah protonnya yaitu 15. Dengan demikian konfigurasi elektronnya adalah 2 8 5.

3. Tuliskan konfigurasi elektron atom kalsium (Ca) dengan nomor atom 20!

Jawaban.
Ada beberapa kemungkinan untuk menentukan konfigurasi elektron atom Ca, yakni sebagai berikut.

a. 20Ca = 2 8 10
b. 20Ca = 2 8 8 2
c. 20Ca = 2 18
d. 20Ca = 2 8 18

Menurut anda, konfigurasi elektron mana yang benar? Ya, tentu saja jawaban yang benar adalah yang b. Kenapa begitu? pada pengisian kulit ketiga (untuk elektron ke-11 dan seterusnya), jika belum memenuhi jumlah maksimal (18 elektron), maka membentuk sub-sub kulit yang  jumlahnya maksimal yaitu 8 elektron.

Dengan demikian, pada atom kalsium, setelah mengisi kulit kedua dengan 8 elektron, maka akan tersisia 10 elektron. Ke-10 elektron ini akan membentuk konfigurasi dengan 8 elektron dan 2 elektron. 

Elektron Valensi

Elektron valensi merupakan elektron-elektron yang mengisi kulit terluar dari suatu atom, yaitu kulit terauh dari inti atom. 

Misalnya berapakah elektron valensi dari Natrium? Konfigurasi elektron dari natrium sendiri adalah 2 8 1, dengan demikian, kulit terluar dari natrium ini diisi oleh 1 elektron. Maka elektron valensi dari natrium adalah 1.

Baca juga:

0 Response to "Konfigurasi Elektron dan Elektron Valensi Pada Atom Berelektron Banyak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel