Kenapa Zebra Kulitnya Belang? Ini Ternyata Alasannya

Zebra
Cecepsuparman.com - Salah satu karakteristik yang paling menonjol dari zebra adalah kulitnya yang berwarna belang. Saya sendiri juga heran kenapa bisa berwarna belang dan kenapa berbeda dengan kuda yang memiliki kulit berwarna normal.

Ternyata ada alasannya kenapa zebra itu berwarna belang. Menurut penelitian terbaru, warna belang pada kulit zebra tidak hanya berfungsi untuk mempercantik tampilan saja, tetapi juga untuk mencegah serangga pengisap darah (seperti lalat kuda di Afrika) mendarat di tubuhnya. 

Dengan kata lain, kulit belang pada zebra bisa melindunginya dari penyakit mematikan yang menular melalui gigitan serangga. Untuk menguji kebenarannya, para peneliti meletakkan selembar kain berwarna belang hitam pada kuda. Hasilnya menunjukkan kalau ada lebih sedikit serangga yang bertengger di tubuh zebr tersebut dibandingkan pada kuda tanpa kain.

Lalat kuda Afrika sendiri diketahui selalu membawa penyakit trypanosimiasis yang bisa berakbat fatal bagi penderitanya. Meskipun hewan ini bisa mendarat di kulit zebra, tapi hanya bisa dilakukan sebentar saja dan kemungkinan tidak mengisap darahnya.

Nah, penelitian ini juga bermanfaat untuk manusia yang ingin menghindari gigitan serangga. Orang yang menggunakan baju berwarna gelap cenderung lebih sering dihinggapi lalat kuda dibandingkan jika mengenakan pakaian motif garis-garis.

Selain dengan warna kulitnya yang belang, zebra juga bia menghindari lalat kuda dengan cara melarikan diri atau mengibaskan ekor. Akan tetapi, penelitian ini belum bisa menjelaskan kenapa gari-garis hitam pada zebra bisa menghentikan lalat kuda. 

Teori sebelumnya juga mengatakan bahwa garis hitam putih pada kulit zebra berfungsi untuk mengatur suhu, berkamuflase ketka menghindari predator, hingga membentuk fungsi sosial seperti mengenali sesamanya.

Sumber: nationalgeographic.grid.id

0 Response to "Kenapa Zebra Kulitnya Belang? Ini Ternyata Alasannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel