Menulis Atau Menggambar, Carang Manakah Yang Lebih Efektif Untuk Mempertajam Ingatan Seseorang?

Ilustrasi menggambar ikan
Ilustrasi menggambar ikan. Sumber: Youtube

Kebanyakan orang ketika diberikan tugas yang penting, mereka akan menuliskanya di buku catatan. Hal ini dilakukan supaya ketika lupa, maka mereka bisa melihat tugas penting tersebut di dalam buku catatan.

Selain hal di atas, ada cara lain juga lho yang bisa kamu lakukan untuk mengingat hal penting. Berdasarkan jurnal Experimental Aging Research, cara ampuh untuk bsa mengingat hal penting adalah dengan cara “menggambar”.

Menurut Melissa Meade yang merupakan pemimpin penelitian ini yang juga sekaligus sebagai doktor ilmu saraf kognitif di university of Waterloo, menyatakan bahwa menggambar itu akan membuat otak bekerja dengan cara yang berbeda dengan menulis.

Nah, aktivitas menggambar tersebut bisa memaksa otak untuk memproses informasi visual, menerjemahkan arti ke dalam gambar serta melakukan tindakan fisik secara sekaligus.

“Menggambar akan mengaktifkan beberapa wilayah yang bereda di otak sekaligus. Itu tidak bisa dilakukan jika hanya dengan menulis,” ucap Meade sebagaimana dilansir dari National Geografik Indonesia pada Selasa (1/1/2019).

“Dengan melihat hal ini, kami pikir bahwa menggambar memberikan manfaat bagi memori dan otak.”

Menurut Meade, cara ini bisa diterapkan pada orang-orang dewasa. Sebab dengan bertambahnya usia, akan cenderung terjadi banyak perubahan pada bagian otak yang terlihat dalam fungsi memori dan pemrosesan bahasa.

Nah, dengan cara menggambar, mereka bisa memanfaatkan bagian otak yang relatif terawat baik dan kemdian meningkatkan memori.

Maede juga mengkonfirmasi bahwa hasil ini tentu sudah melalui berbagai eksperimen yang melibatkan 48 orang dewasa, mulai dari usia sarjana hingga yang berumur 80-an.

Pada eksperimen pertama, orang-orang dewasa tersebut diarahkan untuk menulis 15 kata dan menggambar dari 15 kata lainnya. Misalnya mereka disuruh menggambar perahu dari kata “yacht”.

Kemudian mereka juga diminta untuk mengklasifikasikan 60 nada sebagai nada rendah, menengah dan tinggi. Hal ini dilakukan untuk melatih pemikiran dan membuat mereka fokus, sehingga peneliti bisa menguji memori yang bersih.

Ketika tugas ini usai, mereka diberi waktu selama “2 menit” untuk mengingat kata-kata sebanyak mungkin yang telah mereka tulis dan gambar pada eksperimen pertama.

Hasilnya? Sesuai dugaan, kelompok orang tua hanya bisa mengingat kata-kata dalam jumlah yang sedikit dibandingkan dengan kelompok orang muda. Tapi, para peneliti menemukan fakta bahwa kedua kelompok usia lebih tua bisa mengingat kata-kata yang mereka gambar dibandingkan dengan yang ditulis.

Dari penelitian ini, para peneliti bisa simpulkan bahwa menggambar bisa menjadi alat hafalan yang lebih bagus dibandingkan menulis. Kualitas gambar atau berapa lama mereka menggambar berada di luar dari penelitian ini.

Tapi, orang-orang biasanya lebih mudah menulis dibandingkan menggambar. Misalnya membuat sketsa tanggal pertemuan atau nama seseorang tidalah mudah. Tapi Meade menuturkan bahwa menggambar ini bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk membuat daftar belanja.

“Biasanya kita memang menuliskan daftar tersebut. Namun, kami menyarankan jika Anda benar-benar menggambar beberapahal yang perlu anda beli di supermarket, Anda akan lebih mengingatnya ketika sudah sampai disana.”

Cara ini juga ampuh untuk diterapkan terhadap para siswa. Menggambar itu memerlukan konsep yang sangat kompleks, seperti menggambar proses fotosintesis. Hal itu akan membuat memori mereka meningkat jika dibandingkan dengan mencatatnya di buku.

Sumber:

Nationalgeographic.grid.id

0 Response to "Menulis Atau Menggambar, Carang Manakah Yang Lebih Efektif Untuk Mempertajam Ingatan Seseorang?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel